Job Description Seorang Management Representative

TANYA : Saya ingin bertanya tentang Management Representative (MR) ISO 9000. Apa saja sih job description seorang Management Representative ISO itu?


JAWAB: Menurut standar ISO 9000, management representative adalah seseorang yang ditunjuk sebagai koordinator ISO 9000 di perusahan.

Standar ISO 9000 menghendaki management representative dijabat oleh karyawan tetap perusahaan. Selain itu, management representative disarankan seseorang dengan jabatan manager atau jabatan yang setara dengan manager.
Makin tinggi jabatan management representative semestinya makin baik penerapan sistem manajemen mutu ISO 9000 di perusahaan.

Adapun tugas dan kewenangan seorang management representative tercantum dalam standar ISO 9000, klausul 5.5.2 Management representative. Dalam klausul itu disebutkan tugas dan kewenangan management representative antara lain:
  • memastikan proses-proses yang diperlukan untuk penerapan sistem manajemen mutu telah ditetapkan, diterapkan dan dipelihara
  • melaporkan kinerja sistem manajemen mutu kepada manajemen puncak perusahaan, termasuk upaya-upaya perbaikan yang diperlukan,
  • memastikan promosi kesadaran kesadaran tentang persyaratan pelanggan diseluruh jajaran manajemen perusahaan.
Dalam bahasa Indonesia management representative diterjemahkan menjadi wakil manajemen.

Comments

Popular posts from this blog

Apa perbedaan SOP dan IK Menurut ISO 9000?

Logo ISO 9001 di kemasan produk